Wednesday 21 May 2008

Trading Is So Simple

Tulisan ini saya tujukan terutama bagi para pemula atau siapapun anda yang berpikir bahwa trading itu begitu rumit. Apa yang membuat anda memiliki pemikiran seperti itu?
Barangkali selama ini anda telah mengenal banyak indicator, atau bahkan anda menggunakan sebuah system instant yang anda beli, yang menggunakan puluhan atau bahkan mungkin ratusan indicator sekaligus. Begitu system itu terpasang, maka serta merta chart menjadi sedemikian kotor, penuh dengan garis, titik, warna warni dan tulisan. Jujur saja, hanya dengan melihat chart yang demikian kotor, maka akan terbentuk asumsi dalam pikiran kita, bahwa trading itu begitu rumit.
Seringkali karena terlalu sibuk menantikan konfirmasi dari demikian banyak indicator terpasang, kita melupakan essensi dari trading, yaitu pergerakan harga. Sesungguhnya, kemana pun harga bergerak, baik itu naik maupun turun, harga akan mengejar satu titik atau level psikologis yang kita sebut dengan support dan resistant. Pada titik inilah aktivitas buy dan sell paling banyak terjadi, sehingga tarik menarik antara dua aktivitas ini membuat harga terus bergerak. Tugas simple seorang trader adalah untuk menemukan level level psikologis tersebut, dan keberanian untuk mengambil aksi baik itu buy atau sell, ketika harga menyentuh level itu.
Untuk menemukan level level psikologis, anda tidak perlu menggunakan puluhan indicator. Cukup berekspireman dengan yang simple, seperti trendline, Fibonacci dan moving average, guna menemukan mana yang paling pas dengan style trading anda. Berdasar pengalaman pribadi selama ini, menggabungkan 2 indikator , sudah cukup membantu untuk membuat keputusan yang tajam.
Yang tidak kalah penting adalah teruslah melatih instink dan berimprovisasi untuk menemukan style trading anda sendiri, tanpa bergantung pada system dari orang lain.
Saya bahkan berani memastikan, ketika style trading telah terbentuk, maka anda tidak akan merasa sayang untuk membuang puluhan, bahkan ratusan indicator koleksi anda. From now, build your account, make it solid and live from it !!
==============
Happy Tading
==============

3 komentar:

salam kenal friend,
saya setuju , tarding simpel aja
tidak usah pikir yang canggih-canggih, rumit-rumit
cuman kita harus paham keberadaan di market yang kita mau place order

Tuhan berkatin
genie

salam kenal friend,
saya setuju , tarding simpel aja
tidak usah pikir yang canggih-canggih, rumit-rumit
cuman kita harus paham keberadaan di market yang kita mau place order

Tuhan berkatin
manda

yups bener gan itu yang kadang kita para newbie sering nelen mentah2 sebuah EA atau indikator yang ujung2nya kita sendiri jadi pusing...kaya seribu benang masuk ke 1 lobang jarum..qiqiqiqiqi alias REPAINT abizzzz.....!!!!

PEACE....