Tuesday, 30 October 2007

Ngapain pake Stop Loss? Banci !!!

Mungkin anda pernah mendengar kalimat seperti itu. Atau barangkali anda sendiri yang pernah mengucapkan kalimat itu . Ada lagi yang mengatakan Stop Loss bikin bangkrut, karena tersentuh lebih dahulu sebelum menyentuh TP. Yang lebih hebat lagi adalah ungkapan ‘Marginku adalah Stop Loss ku’. Tapi jujur saja, sudah berkali-kali akun saya terselamatkan oleh Stop Loss.
Mungkin saja anda memiliki margin yang demikian kuat sehingga mampu menahan floating minus hingga ratusan pips, dan anda memegang prinsip bahwa harga pasti akan berbalik untuk menyentuh TP. Pemikiran itu ada benarnya. Anda memang mampu menghindari margin call dan posisi dana akan tetap aman. Tapi berapa lama masa penantian itu akan berlangsung? Seminggu? Dua minggu? Atau bahkan sebulan? Lebih?!
Dalam jangka waktu itu, berapa puluh kesempatan OP terlewatkan? Berapa ratus pips yang berseliweran di depan anda, tanpa mampu untuk diraih, karena saat semua kesempatan itu lewat, anda masih menyimpan floating minus.
Mengapa tidak berpikir bahwa Stop Loss dipasang bukan untuk disentuh? Pasti ada strategi yang memungkinkan hal itu.
Pertama tentukan angka yang rasional untuk dipasang pada Stop Loss, misalnya 35 – 40 point untuk pair GBP/USD. Angka tersebut dapat dikatakan sebagai representasi kemampuan anda menerima kekalahan. Perlu selalu diingat, bahwa pasti ada kemungkinan loss setiap kali trader memasuki market.
Setelah menentukan angka tersebut dan kesadaran akan adanya kemungkinan loss, usahakan untuk memasang Stop Loss pada posisi yang terlindungi. Misal di bawah Support untuk Long Position atau di atas Resistance untuk Short Position. Terakhir tetaplah tenang ketika harga bergerak mendekati Stop Loss. Jangan mencoba memperbesar Stop Loss, karena ketika tersentuh juga, semakin besar kerugian yang anda derita. Ingatlah selalu, seorang trader sukses tidak hanya siap menerima kemenangan tapi juga siap menerima kekalahan.
Untuk satu kali kekalahan, masih ada puluhan kesempatan menang. Tapi jika setiap kali OP, Stop Loss yang tersentuh, pasti ada yang salah dengan system anda.
===============
HAPPY TRADING !!
===============

1 komentar:

eToro is the best forex broker for rookie and advanced traders.