Wednesday 7 November 2007

Mampukah saya menjadi trader yang baik ?

Mampukah saya menjadi trader yang baik ?
Pertanyaan itu selalu yang ada dalam pikiran saya, karena sejauh ini masih ada saja kesalahan yang terjadi. Dari hasil pencarian tentang bagaimana menjadi trader yang baik, saya akan membaginya kepada anda.
  1. Sadarilah bahwa apapun yang terjadi selama proses trading, tanggung jawab sepenuhnya adalah di tangan anda sendiri. Anda tidak akan mampu menjadi trader baik yang sukses, jika masih terus mencari cari apa atau siapa yang dapat disalahkan. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa belajar bertanggung jawab? Yaitu dengan menetapkan aturan trading anda sendiri dan menjalankannya dengan disiplin.
  2. Setiap trader sukses memiliki suatu system trading yang benar benar pas dengan style mereka, dan anda tidak bisa begitu saja mengambil system itu tanpa melihat apakah itu sesuai dengan style anda. Untuk menemukan system yang cocok, tidak bisa dilakukan dalam 1 atau 2 hari, sehingga anda harus sabar untuk mencoba dan menguji system yang akan anda gunakan.
  3. Rencanakan trading, dan bertradinglah sesuai rencana tersebut. Merencanakan trading tidak ubahnya merencanakan sebuah perjalanan. Anda harus siap dengan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi. Tidak diragukan lagi, untuk menjadi trader yang baik rencana trading harus selalu ada. Namun rencana trading itu tidak akan ada gunanya, jika tidak anda patuhi & jalankan dengan disiplin.
  4. Kerja keras dan terus belajar. Anda tentu tidak berpikir akan mampu melakukan sebuah operasi di rumah sakit, hanya dengan mengikuti beberapa seminar dan membaca buku buku kedokteran. Demikian juga untuk menjadi seorang trader yang baik dan sukses. Tidak cukup hanya dengan 1 atau 2 bulan menjalankan demo akun dan membaca beberapa buku. Anda perlu terus menerus belajar, mengamati dan menganalisa pergerakan harga yang berlangsung. Bagi sementara orang waktu 1 tahun mungkin cukup. Tapi belum tentu bagi anda. Saya sendiri menganggap trading adalah aktivitas belajar seumur hidup, selama saya masih menjadi seorang trader.
  5. Milikilah rasa percaya diri. Rasa percaya diri itu dapat terbentuk dengan terus menerus menjalankan system yang anda yakini dengan disiplin. Ketika rasa percaya diri itu hilang, saya yakin anda juga akan kehilangan keberanian untuk masuk market. Percaya diri dapat hilang ketika anda merasakan kekalahan. Kemampuan menerima kekalahan itulah yang dapat kembali membangkitkan rasa percaya diri.
So Now … Let your profits run. Cut your losses and Follow your rules !!
=================
Happy Trading !!!
=================

0 komentar: