Monday 27 August 2007

Indikator Teknikal, Perlu atau Tidak? (bagian ke 2)

Kami harus berterimakasih kepada anda, yang telah mengkritik posting kami sebelumnya. Kami dapat membuktikan beberapa informasi, dan fakta-fakta yang secara logis tidak dapat dibantah. Namun begitulah kenyataan, hidup selalu terdiri atas pro dan kontra.


"saya pikir, bila anda menguasai tentang william AD, anda mungkin tidak bisa berkata demikian, karena indikator ini memang benar menunjukkan kemana market akan bergerak. Memang tidak ada yang sempurna, tapi indikator ini memang benar mampu untuk mendeteksi tujuan dan arah market, tidak seperti yang lainnya..."



Kami telah menyediakan fakta logis sebelumnya, dan tidak akan kami diskusikan kembali kali ini. Market mamang bergerak beberapa persen dari level-level yang telah di tunjukkan oleh indikator teknikal, namun pergerakan di masa depan tidak memiliki keterkaitan (ketergantungan) dari apa yang telah terjadi di masa lalu. Kami percaya tidak seorangpun memiliki bukti bahwa keterkaitan atau ketergantungan ini memang benar-benar ada. Tetapi, bila anda tetap bersikukuh bahwa memang benar indikator teknikal dapat menunjukkan akan kemana market bergerak, itu hak anda, kami tidak akan beradu argumen tentang ini.

Kami tidak akan membicarakan itu hari ini, kami hanya ingin berbagi sedikit lelucon dan berbagi kejengkelan tentang sisi mana saja yang anda mungkin salah. Bahkan, kami akan membicarakan nilai kebenaran mengenai penggunaan analisa teknikal. Kebenaran harus ditegakkan, kami tidak akan menyarankan sistem yang berdasarkan analisa teknikal, bila tidak dibarengi dengan money management yang baik.

Penggunaan sistem yang berdasarkan analisa teknikal memiliki karakteristik yang berbeda dibanding dengan sistem yang lain. Sistem ini juga memiliki kemungkinan profit yang sangat cepat, dan sangat besar. Ketika kondisi-kondisi market sesuai dengan apa yang di prediksikan oleh indikator teknikal, rangkaian profit akan dapat kita jaring dalam satu waktu, bahkan dapat dilipat gandakan berkali-kali dengan money management yang sempurna tanpa banyak melipat gandakan resiko.

Kuncinya adalah, pastikan bahwa strategi money management anda sesuai dengan harapan yang logis dan realistis. Anda tidak perlu memulai dengan jumlah yang besar, mulailah dengan jumlah kecil, dan biarkan strategi money management bekerja secara geometris mengembangkan profit anda.

Kabar baik lainnya adalah, anda juga dapat mendesain strategi money management anda untuk dapat melindungi profit yang telah dihasilkan ketika rally berakhir. Inilah keuntungan terbesar yang akan diperoleh ketika menggunakan analisa teknikal yang didampingi oleh money management yang sempurna.

Demikianlah konteks yang benar dalam memahami analisa teknikal. Bila anda mencoba untuk melihat dari sudut bahwa indikator teknikal dapat memprediksi pergerakan harga, anda hanya akan mendapat kekecewaan, cepat atau lambat.

Trading merupakan kegiatan yang sederhana namun rumit. Melihat dari berbagai sudut adalah bijaksana, tidak ada yang pasti, hanya satu hal yang pasti, loss atau profit. Trading lah secara cerdas, jangan fanatis terhadap suatu sistem, pada akhirnya hanya anda yang bijaksana yang dapat memenangkan pertarungan ini.

1 komentar:

kalo.bagi.saya.pribadi..
ada.perbandingan.dalam.menerapkan.teknikal
dan.fundamental:)

Kalo.saya.mau.put.OP.but.long.term
saya.cenderung.make.Fundamental.85%
tapi.kalau.untuk.short/mid.term
Teknikal.saya.pake.85%
kalo.mo.scalp..fully.teknikal:)

must.be.depend.in.our.Equity.
we.want.to.play.long.or.short.term:)

Play.safe..
I.Love.You..:)